Minggu, 20 Februari 2011

KODE SOAL: 1K (Soal Kamis Pertama)

1.Apa yang saudara ketahui tentang Manajemen?
jawaban: proses dari kegiatan seorang manajer bagaimana mengambil keputusan yg terbaik melalui kerjasama dengan orang lain tanpa mengabaikan sumber-sumber yg tersedia untuk pencapaian tujuan.

2. Sebutkan dan Jelaskan Fungsi-fungsi Manajemen?
jawaban:
  •  Fungsi Perencanaan / Planning
    Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
  •  Fungsi Pengorganisasian / Organizing
    Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
  •  Fungsi Pengarahan / Directing / Leading
    Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
  • Fungsi Pengendalian / Controling
    Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.
3. Sebutkan Faktor-faktor produksi (sumber-sumber) Organisasi & Metode:
Organisasi berfungsi sebagai prasarana atau alat untuk mencapai tujuan. Istilah Organisasi dapat diartikan sebagai:
WADAH : Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama (Statis)PROSES : Pengelompokan manusia dalam kerjasama yang efesien (bersifat Dinamis) Inilah yang menyebabkan mengapa organisasi selalu bergerak, senantiasa hidup, berkembang dan berubah-ubah
METODE : Tata kerja / cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat digunakan sehingga proses kegiatan manajemen bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
Metode ini diperlukan agar dalam pemanfaatan sumber yang diperlukan bagi terlaksananya kegiatan manajemen tidak terjadi kemacetan dan pemborosan.
ORGANISASI DAN METODE : Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor-faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen yaitu mencapai tujuan apa yang telah ditetapkanDari Pemgertian diatas O & M mengandung maksud:· Kunci dan Syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya· Mutlak dalam kegiatan manajemen· Memanfaatkan segala sumber dan waktu · Berguna untuk peningkatan efesiensi kerja untuk mencapai tujuan
MANAJEMEN :P roses dari kegiatan seorang manajer bagaimana mengambil keputusan yang terbaik melalui kerjasama dengan orang lain tanpa mengabaikan sumber-sumber yang tersedia untuk pencapaian tujuan
Faktor-faktor produksi (SUMBER-SUMBER) YANG DIPERLUKAN:¨ Manusia atau Tenaga Kerja (Man/Man Power)¨ Uang atau Biaya (Money)¨ Bahan-bahan atau Material (Materials)¨ Mesin dan Peralatan (Mechines & Equipment)
Sumber-sumber diatas menurut George R Terry disebut 6M (the six M’s in management) dengan menambah 2 sumber lagi:¨Tata kerja (Methods)¨ Pasar (Market)
3. Sejarah O & MIstilah O & M berasal dari Negara Inggris, yakni pada saat dibentuk Organization and Methods Division pada Departemen Keuangan Inggris Kerajaan Inggris (Lord of The Treasury Board) setelah Perang Dunia II. Setelah PD II semua negara pemenang perang berlomba untuk merehabilitasi Ekonomi dan Keuangannya. Pada saat itulah O & M berperan dengan tugas menemukan segala masalah administrasi, menentukan sebab-sebab masalah dan kemudian dianalisis. Saat itu O & M disebut sebagai “Dokter Administrasi” dengan fungsi:© Mengadakan prognosis (problems observation)© Mengadakan diagnosis (problems identification)© Menentukan sebab-sebab (reasions determination)© Memberikan terapi dan pengobatan (problems solution)
Istilah-istilah O & MDi Amerika istilah O & M berbeda-beda Antara lain: Administrative analyst, Management analysis, System & procedure, Management engineering, Efficiency engineering. Di Indonesia sebutan lain dari O & M adalah: Organisasi & tata kerja, Organisasi & efesiensi, Litbang (lemabaga penelitian & pengembangan), Analisa & pengembangan, Biro Organisasi & tata laksana.
RUANG LINGKUP O & M► Analisis Organisasi (Organizational Analysis)► Komunikasi dalam organisasi (Communication in Organization)► Tata kerja, Tata aliran, dan sistem (Work methods, procedur & System)► Pendayagunaan mesin kantor (Office mechine)► Pentingnya tata ruang kantor & penyusunan perencanaan (Office layout and space planning)► Kesimpulan akhir (Final Conclusion)

4.Apakah Manajemen, Organisasi serta Metode mempunyai kaitan dan hubungan, jelaskan menurut pendapat saudara:
jawaban: Menurut saya, manajemen dan organisasi serta metode, itu memiliki hubngan yg sangat erat. Karena dari suatu organisasi tersebut akan terdapat manajemen dan metode, jika tidak, maka organisasi tersebut tidak akan menjadi sempurna.
Dari suatu organisasi akan di laksanakan oleh suatu manajemen, dan manajemen akan melakukan suatu metode, untuk mengembangkan organisasi tersebut.
Jadi kesimpulannya : organisasi, manajemen dan metode, memiliki hubngan timbal balik untuk kepentingan bersama...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar