Minggu, 17 April 2011

Modifikasi Themes WordPress


Melakukan perubahan pada template wordpress adakalanya akan semakin memperindah dan mempercepat akses sebuah blog apalagi jika anda mengerti pengkodean CSS, HTML, php dan penguasaan program Graphic Design.
Kadang disaat searching untuk mencari Free WordPress Themes download

maupun Premium sangatlah sulit untuk menemukan themes seperti yang diinginkan. Karena saat melakukan penggantian Themes beberapa faktor memang perlu dipertimbangkan. Maka yang menjadi alternatif pun adalah melakukan modifikasi baik dari design grafis maupun script css, html dan phpnya agar memenuhi kriteria seperti yang disebutkan sebelumnya.
Bagi saya pribadi menggonta ganti Themes tidak boleh asal karena perlu pertimbangan dari segi appearence, accesibility, flexibility dan tentunya juga apakah themes yg dipilih SEO Friendly atau tidak. Bahkan beberapa blogger (salah satunya : Fanari-id) sangat memperhatikan Semantic HTML dalam struktur pengkodean template blog karena hal ini sangat menyangkut dengan aksesibilitas sebuah blog dan sangat membantu search engine dalam memahami content sebuah situs karena adanya penekanan-penekanan tertentu dalam penulisan yang dapat mewakili maksud, Ekspresi bahkan intonasi seperti yang digunakan dalam perangkat text to speech reader.
Baik, mari kita abaikan sejenak hal-hal yg terlalu prinsipil diatas sebab jika menelaah lebih jauh anda mungkin akan menganggap modifikasi themes itu sangat rumit padahal sebenarnya tidak sesulit yang anda pikirkan. Dalam artikel ini kita akan share atau lebih tepatnnya sama-sama belajar melakukan modifikasi themes wordpress dan sebagai obyek themesnya kita gunakan saja Themes Default WordPress sebagai uji coba. 

Mengganti Image Header pada Template Default WordPress

Kebanyakan orang ketika mengunjungi sebuah blog maupun situs tentunya bagian Header menjadi perhatian utama bagi pengunjung karena pada bagian ini dapat mewakili topik keseluruhan sebuah blog terlebih lagi jika Image Header yang digunakan dapat memberi gambaran tentang info apa saja yg tersedia dalam blog.
Untuk itulah ada baiknya image header blog anda disesuaikan dengan topik blog dan di design sedemikian rupa sehingga akan memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.
Untuk merubah image header pada template default WordPress caranya mudah silahkan ikuti petunjuk dibawah ini.
Jika wordpress anda telah diinstall dengan menggunakan XAMPP sebagai web server pada komputer maka File image header dapat ditemukan dalam directory C:\xampp\htdocs\[namablog-pada-komputer-lokal]\wp-content\themes\default\images dengan nama file image kubrickheader.jpg
Sedangkan jika wordpress berada dihosting maka anda perlu login menggunakan program ftp seperti filezilla, core ftp dll untuk mendownload File image header tersebut yang dapat ditemukan pada directory /public_html/wp-content/themes/default/images dengan nama file image kubrickheader.jpg
Selanjutnya lakukan editing pada file image tersebut mengunakan salah satu program design grafis seperti photoshop atau program apa saja yang anda bisa gunakan untuk mengedit image. Kemudian save image dengan nama dan ekstensi yang sama lalu copy atau upload kedalam directory semula. Yang perlu diperhatikan dalam proses saving ini adalah kwalitas image gunakan level low image agar saat loading pada blog anda tidak lambat / berat.
Hal yang sama juga bisa dilakukan pada themes wordpress yang lain. Anda hanya perlu mengetahui nama file dan posisi image header diletakkan dan lanjutkan seperti cara diatas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar